AKSI NYATA BUDAYA POSITIF
DISEMINASI
FILOSOFI KHD DAN IMPLEMENTASI BUDAYA POSITIF DISEKOLAH
A. A. LATAR
BELAKANG
Pembelajaran dimasa pandemi memberikan perubahan besar
dalam sikap dan perilaku anak disekolah mereka merasa bosan dan jenuh dengan
pembelajaran daring yang dilaksanakan selama ini sehingga anak menjadi malas
dalam mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas yang diberikan guru sehingga
berdampak pada banyaknya anak yang tidak menuntaskan pembelajarannya dan
setelah pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas anak harus kembali
beradaptasi dengan lingkungan sekolah dengan berbagai aturan yang harus
ditaati, karenanya penerapan budaya positif melalui penyusunan keyakinan kelas
merupakan salah satu upaya dalam membentuk karakter peserta didik menjadi anak
yang mandiri, bertanggung jawab, percaya diri dan disiplin. Keyakinan kelas
merupakan salah satu upaya mewujudkan merdeka belajar yang berpihak pada murid
sesuai filosofi Ki Hadjar Dewantara.
Dalam
membangun budaya positif guru juga memiliki peran penting dalam menuntun anak sesuai
bakat dan minatnya agar anak tidak kehilangan arah. Guru sebagai pamong
hendaknya dapat menunjukkan budaya positif baik kepada murid, sesama rekan guru
maupun warga sekolah lainnya agar dapat menjadi sebuah pembiasaan baik yang
dapat diteladani.
A. B. Tujuan
1. Adapun tujuan budaya positif disekolah adalah
1. Mengembangkan karakter peserta didik melalui disiplin positif
2. Menumbuhkan rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab terhadap keyakinan kelas yang telah dibuat
3. Menumbuhkan motivasi dan semangat belajar
4. Menumbuhkan sikap saling menghormati
C. Tolak UKur
1. Ide keyakinan kelas yang beragam
2. Partisipasi murid dalam merumuskan keyakinan kelas lebih besar
3. Keterlibatan guru dalam kegiatan diseminasi Filosofi Ki Hadjar Dewantara dan Budaya Positif
4. Kolaborasi orang tua dalam mendukung program sekolah untuk pengembangan siswa
D. Langkah Aksi Nyata
1. Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah mengenai pelaksanaan kegiatan diseminasi
2. Bersama murid menyusun keyakinan kelas
3. Berbagi ilmu dan pengalaman dengan stakeholder sekolah lainnya
4. Kolaborasi bersama orang tua siswa
5. Refleksi
E. Dukungan yang dibutuhkan
Dalam pelaksanaan budaya positif disekolah sangat dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak yaitu
1. Warga Sekolah (Kepala Sekolah, Murid, Guru, Staf dan Stakeholder Sekolah lainnya)
2. Orang Tua Murid
3. Komite Sekolah
4. Masyarakat sekitar
5. Dinas terkait
F. Hasil Aksi Nyata
1. Menyusun keyakinan kelas
2. Diseminasi Filosofi Pendidikan KHD dan Budaya Positif
3. Budaya Positif kegiatan Jum'at (Yasinan Bersama)
4. Kolaborasi bersama Orang Tua dalam pengembangan peserta didik
G. Video Aksi Nyata
Link video disini
Komentar
Posting Komentar